Yuk, Intip Tips Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit!

Yuk-Intip-Tips-Merawat-Jok-Mobil-Berbahan-Kulit
Foto dari Canva

Tidak lengkap rasanya mempunyai mobil tanpa adanya asuransi mobil pribadi. Sebab, dengan adanya asuransi mobil, Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya tidak terduga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan atau kerusakan lainnya. Selain memiliki asuransi, merawat mobil adalah hal yang wajib dilakukan, baik eksterior maupun interior. Salah satu bagian terpenting dari interior mobil adalah jok mobil. Kenyaman pengendara dan penumpang tergantung pada kondisi jok mobil. Jika jok bermasalah atau tidak terawat, akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara merawat jok mobil khususnya yang berbahan kulit? Yuk, simak tips di bawah ini.

1. Bersihkan dengan menggunakan kanebo

Cara paling sederhana agar jok mobil tetap bersih adalah rutin membersihkannya dengan menggunakan kanebo. Kanebo akan membantu menghilangkan noda akibat debu karena kanebo mampu menyerap kotoran yang membandel. Selain untuk membersihkan jok, kanebo juga dapat digunakan untuk membersihkan seluruh interior mobil. Oleh sebab itu, kain yang berasal dari Jepang ini wajib ada di rumah Anda.

Read More

2. Menggunakan cairan pembersih yang tepat

Memilih cairan pembersih sangat penting dilakukan. Sebab, jika salah pilih, alih-alih bersih, jok mobil akan cepat rusak dan memicu timbulnya jamur. Pilihlah pembersih yang mengandung pelembab untuk menghindari jok menjadi pecah-pecah. Cairan All Purpose Cleaner adalah salah satu pembersih yang dapat Anda gunakan. Caranya yaitu kocok terlebih dahulu, lalu semprot ke seluruh permukaan jok. Tunggu 2-3 menit sampai cairan meresap. Alternatif lain yaitu menggunakan shampo dan sabun bayi karena mengandung pH yang seimbang dan tingkat keasaman rendah.

3. Bersihkan dari debu secara teratur

Alat yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan jok mobil dari debu adalah vacuum cleaner. Jangan hanya mengelap jok dengan kain karena kotoran dan debu yang tersembunyi tidak akan ikut terangkat. Lakukan minimal satu minggu sekali dengan menggunakan penyedot debu. Dengan begitu, jok mobil Anda akan terjaga dari debu dan kotoran yang menempel di sela-sela yang sulit dijangkau. Vacuum cleaner juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian bawah jok mobil yang pastinya lebih banyak menyimpan debu dan kotoran.

4. Keringkan jok mobil

Setelah membersihkan jok, keringkan terlebih dahulu dengan menggunakan kain microfiber agar terhindar dari goresan yang dapat merusak jok. Sebaiknya, diamkan minimal 1×24 jam sebelum digunakan kembali. Untuk Anda yang menginginkan kulit mobil tetap mengkilap, Anda dapat memoles jok secara rutin dengan menggunakan poles khusus kulit setiap satu bulan sekali. Cara ini dilakukan agar jok tidak mudah retak dan sobek.

Nah, itulah tips merawat jok mobil berbahan kulit. Rawatlah keseluruhan bagian mobil Anda agar tetap nyaman digunakan dan mobil menjadi tahan lama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.