Wujudkan Keluarga yang Sehat dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

  • Whatsapp
Wujudkan-Keluarga-yang-Sehat-dengan-Menerapkan-Gaya-Hidup-Sehat
Foto dari Canva Pro

Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari fenomena pandemi corona yang melanda seluruh dunia hampir setahun belakangan. Salah satu pelajaran yang cukup berharga bagi semua orang adalah pentingnya menjaga kesehatan di mana saja. Tidak ada salahnya untuk menerapkan gaya hidup sehat sekeluarga demi meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, Anda juga wajib memiliki asuransi keluarga.

5 cara menerapkan gaya hidup sehat di keluarga

Keluarga merupakan lingkungan utama yang bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Setiap rumah pasti menerapkan aturan yang berbeda terkait pola hidup ideal. Sebagai orangtua yang bijak, Anda wajib menerapkan gaya hidup sehat di keluarga berikut :

Read More

1. Minum air putih

Meskipun Anda suka mengkonsumsi kopi dan anak lebih suka minum jus atau susu, sebaiknya buat aturan minum air putih yang cukup. Anda harus menekankan kepada seluruh anggota keluarga terkait manfaat minum minimal 8 gelas air putih per hari.

2. Memberikan pola makan yang baik dan sehat

Selalu berikan dukungan kepada anak atau anggota keluarga lain untuk makan teratur 3 kali sehari. Pilih menu makan yang sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian semua anggota keluarga. Anda juga harus memastikan bahwa pengolahan makanan higienis. Selalu cuci buah dan sayuran dengan air mengalir untuk memastikan kebersihan makanan.

3. Memberikan aturan tidur yang cukup

Aturan ketat dalam keluarga yang bisa memberikan manfaat kesehatan lebih baik, kenapa tidak? Anda harus memberikan jam tidur malam pada anak-anak dengan baik. Pastikan mereka tidur tanpa gawai atau terganggu siaran televisi yang bisa mengurangi kualitas tidur yang baik.

Jika anak-anak wajib mentaati peraturan yang sudah Anda buat, maka orangtua juga harus mematuhi aturan tersebut. Jam tidur orang dewasa adalah 6-8 jam setiap hari. Pastikan Anda memiliki masa istirahat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, ya!

Tidur yang cukup bisa membuat organ dalam tubuh beristirahat dan berfungsi lebih baik, otak bisa mengambil jeda sejenak dan kulit mampu beregenerasi dengan baik. Begadang bisa menciptakan masalah kesehatan yang tidak baik untuk tubuh Anda, lho!

4. Membatasi konsumsi makanan siap saji

Sesekali mengajak anak-anak makan junk food bukan hal yang salah. Namun, Anda tetap harus memberikan aturan ketat terkait pembatasan konsumsi makanan cepat saji. Konsumsi makanan yang mengandung sulfit bisa memicu masalah alergi, batuk-batuk, dan alergi makanan atau kulit.

5. Aktifitas fisik yang baik

Ajak anggota keluarga Anda untuk aktif melakukan aktivitas fisik yang berguna. Biarkan mereka membagi tugas untuk membersihkan rumah dan lingkungan sekitar. Memiliki jadwal olahraga bersama bisa memberikan manfaat kesehatan tubuh yang optimal. Penerapan gaya hidup sehat dan kepemilikan asuransi keluarga merupakan senjata menghadapi segala risiko sakit yang bisa terjadi kapan saja.

6. Mengelola stress

Olahraga bukan sekadar aktivitas fisik, tetapi kegiatan yang bisa meningkatkan kualitas hubungan bersama anggota keluarga lain. Kesehatan mental merupakan hal yang tak kalah penting sehingga Anda wajib mengelola stress secara maksimal. Ajak keluarga untuk piknik, nonton film bersama, makan-makan, mengobrol, dan aktivitas seru yang lain.

Asuransi keluarga bisa menjadi perisai saat anggota keluarga membutuhkan perawatan inap atau jalan di rumah sakit. Namun, Anda harus tetap berusaha menekan risiko sakit dengan menerapkan gaya hidup sehat. Jika tubuh Anda dan keluarga lebih sehat, maka aktivitas bersama bisa lebih menyenangkan dan produktif. Yakin tidak ingin menikmati fasilitas asuransi yang mampu melindungi semua aset dan tabungan Anda!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *