Pilihan Jenis Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Pilihan-Jenis-Sayuran-Penambah-Darah-untuk-Ibu-Hamil
Foto dari Canva

Saat hamil, tubuh ibu membutuhkan asupan gizi yang lengkap. Salah satu tujuannya adalah untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi janin. Itulah mengapa dibutuhkan konsumsi aneka sayuran sebagai penambah darah untuk ibu hamil agar tidak terjadi anemia.

Sayuran Penambah Darah

Saat hamil, biasanya konsumsi sayuran memang sangat disarankan. Sayur memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Tentunya pilihan sayur yang dikonsumsi juga harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa jenis sayur yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa berfungsi sebagai penambah darah:

Read More

1. Bayam

Pertama ada sayur bayam yang diketahui memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Zat besi ini akan sangat efektif mendukung proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Konsumsi bayam secara teratur bisa mencegah terjadinya anemia sehingga kondisi ibu hamil maupun janin dalam kandungan juga pasti akan terjaga dengan baik.

2. Brokoli

Jenis sayuran hijau memang diketahui sangat bagus untuk menambah darah bagi ibu hamil. Selain bayam, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi brokoli. Brokoli itu sendiri mengandung beberapa zat gizi penting seperti asam folat, vitamin B, juga zat besi yang akan membantu proses pembentukan sel darah merah. Selain itu, konsumsi brokoli juga terbilang bagus karena bisa menjaga sistem imunitas.

3. Sawi

Sayuran hijau lainnya yang juga bisa membantu mengoptimalkan proses produksi sel darah merah adalah sawi. Sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A diketahui sangat efektif membantu terjadinya proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu sawi juga akan membantu proses stimulasi darah dan metabolisme berjalan lancar.

4. Wortel

Aneka sayuran sebagai penambah darah untuk ibu hamil memang sangat beragam jenisnya. Selain sayuran hijau, ada juga wortel yang sangat efektif membantu produksi sel darah merah. Wortel mengandung vitamin A yang cukup tinggi dan efektif memperlancar pembentukan sel darah merah sehingga bisa mencegah anemia.

5. Kale

Jenis sayuran ini mungkin tidak begitu populer namun ternyata sangat bagus untuk dikonsumsi. Mirip dengan bayam, kale merupakan sayuran berdaun hijau yang memiliki kandungan zat besi tinggi. Konsumsi kale secara rutin bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi dan mengoptimalkan proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

6. Buncis

Ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi buncis. Sayuran yang satu ini juga bisa membantu menambah darah dalam tubuh. Kandungan zat besinya cukup tinggi sehingga bisa bekerja efektif dalam proses produksi sel darah merah. Buncis bisa dikonsumsi sebagai camilan atau dimasak menjadi aneka jenis menu yang disukai ibu hamil.

7. Daun Singkong

Tak butuh modal besar untuk mendapatkan tubuh sehat. Ibu hamil bisa mengonsumsi daun singkong yang sangat mudah ditemui di lingkungan kita. Daun singkong juga mudah didapatkan di tukang sayur dan harganya pun sangat murah. Daun singkong mengandung vitamin C, zat besi, fosfor, dan protein yang sangat efektif mencegah anemia.

Itulah aneka sayuran sebagai penambah darah untuk ibu hamil. Tentunya Anda bisa memilih jenis sayuran mana yang paling disukai. Konsumsi bahan makanan bergizi yang paling mudah diterima oleh tubuh. Penuhi asupan gizi tubuh sendiri dan janin dalam kandungan secara optimal agar tidak menyesal di masa depan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.