Menjaga Kesehatan Ginjal, Yuk Intip Tips Menurunkan Kadar Kreatinin

  • Whatsapp
Menjaga-Kesehatan-Ginjal-Yuk-Intip-Tips-Menurunkan-Kadar-Kreatinin
Foto dari Canva Pro

Ginjal menjadi salah satu organ terpenting manusia yang berperan dalam menyaring darah dan membuang racun dalam tubuh dalam bentuk urin. Namun, kadar kreatinin yang tinggi dalam darah akan menyebabkan berbagai penyakit. Hal ini juga akan mempengaruhi fungsi dan kesehatan ginjal. Agar ginjal tetap sehat, yuk intip tips menurunkan kadar kreatinin berikut.

Cara Menurunkan Keratinin Dalam Darah

1. Hindari Konsumsi Suplemen Kreatinin

Agar semakin meningkatkan penampilan otot dan fisik, atlet biasanya mengkonsumsi suplemen penambah keratin. Hal ini bertujuan untuk menambah meningkatkan kadar kreatinin dalam darah. Namun, tingginya kadar kreatinin akan membuat ginjal bekerja keras dalam menyaring darah. Kondisi tersebut akan sangat berbahaya, terutama bagi yang mempunyai masalah ginjal.

Read More

Orang yang mempunyai gangguan ginjal, memungkinkan terjadinya penumpukan kadar kreatinin. Oleh karena itu, anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi suplemen kreatinin secara berlebihan, sehingga kesehatan ginjal akan tetap terjaga. Dalam hal ini, anda perlu untuk menghidrasi tubuh dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.

2. Kurangi Porsi Protein

Tips menurunkan kadar kreatinin lainnya adalah dengan mengurangi porsi makanan yang mengandung protein. Perlu diketahui, konsumsi protein secara berlebihan bisa menjadi pemicu meningkatnya kadar kreatinin. Adapun sumber protein yang harus dikurangi adalah daging merah, produk susu, dan berbagai makanan berprotein tinggi lainnya.

Dalam hal ini, anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buah dan sayur. Pasalnya, kudapan tersebut mampu menurunkan kadar kreatinin, khususnya bagi orang yang menderita masalah ginjal. Dengan mengimbangi konsumsi makanan berserat, maka organ ekskresi tersebut akan tetap terjaga.

3. Kurangi Olahraga Berat

Olahraga juga diyakini dapat digunakan sebagai langkah menurunkan kadar kreatinin, asalkan dilakukan dengan tepat dan teratur. Pasalnya, melakukan olahraga berat secara berlebihan justru berpotensi meningkatkan kadar kreatinin dalam darah. Hal ini terjadi sebagai salah satu bentuk respon kerusakan otot akibat olahraga berlebihan.

Tingginya kadar kreatinin dalam darah bisa memicu timbulnya berbagai penyakit. Hal ini juga dapat berpotensi untuk menurunkan fungsi ginjal. Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kadar kreatinin. Dengan normalnya kadar zat tersebut, maka ginjal akan lebih sehat karena tidak perlu bekerja keras untuk menyaring keratin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *