Mengetahui Batas Normal Gula Darah yang Baik bagi Tubuh

Mengetahui-Batas-Normal-Gula-Darah-yang-Baik-bagi-Tubuh
Foto dari Canva

Tubuh kita harus selalu dijaga kesehatannya dengan memperhatikan berbagai jenis faktor. Salah satunya adalah gula darah yang benar-benar bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan secara menyeluruh. Anda harus paham berapa batas normal gula darah yang sebaiknya dipertahankan. Anda juga harus tahu apa saja gejala yang muncul jika kadar gula tersebut melewati batas normal.

Batas Normal Kadar Gula Darah

Mari cari tahu dulu berapa sebenarnya kadar gula darah yang dianggap normal bagi tubuh. Sebenarnya kadar gula darah ini sangat bervariasi tergantung usia orang tersebut. Selain itu, kadar gula darah juga bisa dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan atau pengambilan sampel. Berikut adalah kadar gula darah yang dianggap normal:

Read More
  • Sebelum makan atau setelah puasa: 70-100 mg/dL.
  • Sebelum tidur atau 2 jam setelah makan: <140 mg/dL.
  • Pemeriksaan sewaktu: <200 mg/dL.

Jadi sebaiknya pahami dulu kapan waktu yang tepat untuk mengecek kadar gula darah. Selain itu Anda juga harus tahu berapa batas normalnya di kondisi tertentu jadi tidak akan salah menganalisis.

Tanda Gula Darah Tinggi

Setelah mengetahui berapa batas normal gula darah pada beberapa situasi, mari cari tahu apa saja tanda-tanda jika gula darah tinggi. Tentu saja ada beberapa gejala yang akan ditunjukkan oleh tubuh ketika kadar gula darah melewati angka normal. Berikut adalah beberapa gejala yang bisa muncul:

1. Lemas

Pertama, tubuh akan merasa lemas. Jika Anda terbiasa aktif beraktivitas maka Anda akan merasa lebih mudah lelah. Mungkin ini menjadi tanda biasa jika Anda memang sedang banyak aktivitas. Namun jika terjadi terus-menerus dan mulai tidak wajar maka wajib dikonsultasikan kepada dokter untuk pemeriksaan gula darah secara akurat.

2. Sering Kencing

Orang yang memiliki kadar gula darah tinggi biasanya akan sering kencing. Hal ini disebabkan oleh kerja ginjal yang lebih keras dari sebelumnya karena harus mengeluarkan kelebihan gula dari tubuh. Jadi, jika intensitas kencing jauh lebih tinggi dari biasanya maka Anda sebaiknya waspada dan melakukan pengecekan. Dokter juga umumnya akan langsung menyarankan cek gula darah.

3. Sering Haus

Tanda berikutnya yang muncul saat gula darah tinggi adalah rasa haus yang muncul terus-menerus. Ini merupakan gejala yang mengikuti gejala sering kencing pada penderita gula darah tinggi. Semakin tinggi intensitas buang air kecil maka akan semakin banyak cairan yang keluar dari tubuh. Tidak heran jika tubuh akan mengalami kekurangan cairan dan cenderung ingin minum lebih banyak.

4. Rentan Mengalami Infeksi

Orang yang menderita gula darah tinggi juga umumnya akan lebih rentan mengalami infeksi. Jika gula darah tinggi, maka tubuh akan sulit melawan infeksi yang menyerang. Jika sudah mengalami infeksi, maka tubuh juga tidak akan mudah sembuh. Infeksi tersebut bahkan bisa berkembang menjadi kondisi yang serius.

5. Sering Kesemutan

Gula darah tinggi juga bisa ditandai dengan gejala kaki dan tangan sering kesemutan. Hal ini disebabkan oleh adanya kerusakan saraf akibat kadar gula darah yang terlalu banyak. Jika sudah sering mengalami kesemutan dan sulit untuk sembuh maka langsung saja konsultasi dan lakukan pemeriksaan kadar gula darah.

Sangatlah pengting untuk mengetahui batas normal gula darah dan tanda-tanda kadar gula tinggi ini. Agar lebih akurasi, sebaik nya anda sering melakukan cek dengan alat cek khusus, agar anda bisa mengontrol kondisi tubuh sendiri secara optimal. Anda juga bisa lebih mudah mengenali gejala yang mengindikasikan hal buruk pada tubuh. Jadi bisa diatasi lebih cepat dan prosesnya juga lebih mudah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.