Info Tentang 8 Jenis Penyakit Kulit yang Acap Menyerang Anak-anak

  • Whatsapp
Info-SehatQ-Tentang-8-Jenis-Penyakit-Kulit-yang-Acap-Menyerang-Anak-anak
Foto dari Canva Pro

Tak hanya orang dewasa saja, anak-anak punya risiko mengalami penyakit kulit yang sama. Anak-anak umum mengalami penyakit kulit berupa ruam kemerahan, alergi dan iritasi akibat respon tubuh dengan lingkungan. Apalagi anak-anak yang masih berusia dibawah lima tahun acap mengalami masalah kesehatan kulit. Jika gejala penyakit kulit yang dialami anak semakin parah, Anda harus segera melakukan penanganan lanjutan ke dokter terkait.

Masalah kesehatan kulit pada anak-anak

Ada jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus dan kuman yang menyerang anak-anak akibat bersentuhan dengan orang lain yang memiliki gangguan kulit. Sejak usia bayi, anak-anak rentan mengalami beberapa penyakit kulit yaitu :

Read More

1. Ruam popok

Merupakan peradangan yang terjadi pada bagian selangkangan si kecil akibat pemakaian popok terlalu lama dan kurang terjaga kebersihan area ini. Sebaiknya Anda langsung mengganti popok anak bila mengalami buang air besar dan air kecil. Gangguan peradangan bisa membuat gatal, merah dan sakit. Bayi cenderung menangis dan rewel bila mengalami masalah satu ini.

2. Kerak kepala bayi

Kerak kepala bayi memang hal lumrah yang terjadi pada seluruh bayi di dunia. Sisik putih dan kuning muncul di kepala bayi yang bisa menghilang seiring waktu. Namun, ada kejadian kerak kepala bayi terjadi di bagian lain seperti alis, kelopak mata, telinga, dan bagian lain. Jika kerak kepala bayi tidak menghilang seiring perkembangan usia, Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter kulit yang terpercaya.

3. Eksim

Jenis penyakit kulit yang bisa diderita anak-anak dan orang dewasa dengan ciri kulit merah dan gatal. Penderita eksim harus melakukan perawatan untuk meredakan gejala penyakit ini. Pasalnya, eksim bisa saja sembuh dan kambuh dalam waktu yang lama. Jika anak Anda mengalami eksim, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk perawatan lebih lanjut. Jangan lupa menjaga kebersihan kulit, memilih sabun yang tepat, tidak menggaruk kulit yang mengalami eksim, dan lain-lain.

4. Campak

Terjadi pada anak yang tertular virus dari anak lain yang menderita penyakit sejenis. Oleh sebab itu, orangtua harus melakukan vaksinasi campak sejak dini agar anak-anak terhindar dari risiko penyakit campak.

5. Kutil

Merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus HPV sehingga menyebabkan pertumbuhan kutil pada bagian telapak tangan, jari, telapak kaki, lutut, dan siku. Anak-anak yang bersinggungan dengan orang lain yang menderita kutil rentan mengalami masalah ini.

6. Cacar air

Cacar air disebabkan oleh varicella-zoster virus yang bisa menyebabkan ruam pada kulit. Penderita juga mengalami gejala panas selama masa infeksi virus ini. Tak hanya anak-anak saja, penyakit yang ditandai dengan ruam melepuh bisa menyerang orang dewasa.

7. Impetigo

Jenis penyakit kulit yang berupa ruam dan mengeluarkan cairan kekuningan akibat infeksi bakteri. Perlu pemeriksaan dengan dokter agar anak mendapatkan obat antibiotik demi mengatasi impetigo.

8. Biang keringat

Merupakan penyakit kulit yang acap menyerang bayi dan anak-anak akibat penyumbatan pada pori-pori kulit. Biasanya biang keringat muncul pada musim panas atau anak yang mengalami risiko alergi pada pemakaian bedak atau produk tertentu. Bintik merah bisa menyebabkan rasa gatal yang menyebar di daerah leher dan kepala anak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *