7 Penyebab AC 1 PK Anda Tidak Cepat Dingin

7-Penyebab-AC-1-PK-Anda-Tidak-Cepat-Dingin
Foto dari Canva

AC 1 PK merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki ruangan lebih besar dengan ukuran sekitar 18 meter persegi atau 9000 BTU. Pemilihan AC ini bukan tanpa alasan sebab mampu memberikan udara yang lebih cepat dingin untuk ruangan lebih luas. Mau dipasang di kamar utama, ruang tamu atau ruang keluarga yang lebih luas, kenapa tidak? Pastikan saja Anda merawat AC dengan baik agar bisa memberikan udara yang dingin lebih cepat, ya!

Penyebab AC 1 PK Tidak Dingin

Perlu daya listrik yang lebih besar untuk membuat AC 1 PK bekerja dengan optimal dibandingkan dengan AC ½ atau ¾ PK. Bila listrik memadai, tetapi AC masih tidak mampu bekerja dengan baik, maka ada penyebab AC tidak cepat dingin yang perlu Anda pahami. Berikut beberapa penyebab AC 1 PK tidak dingin yaitu :

Read More

1. Filter udara mengalami sumbatan

Bisa jadi penyebab utama AC di rumah Anda tidak dingin karena filter udara alami sumbatan. Selain perlu membersihkan debu dan kotoran yang menumpuk pada filter secara rutin, Anda harus mengganti filter bila diperlukan.

2. Tidak rajin membersihkan gulungan kondensor AC

Bisa jadi penyebab AC di rumah Anda tidak cepat dingin bukan karena salah pasang di ruangan yang lebih besar saja, tetapi gulungan kondensor AC begitu kotor. Bersihkan gulungan kondensor yang penuh debu dan kotoran, maka Anda akan menikmati fitur AC yang mampu mendinginkan ruangan lebih cepat.

3. Freon AC habis

Penyebab AC tidak mudah dingin karena Anda memang tidak memeriksa bagian freon AC yang kemungkinan sudah habis. Senyawa yang bersirkulasi melalui kumparan evaporator yang mendinginkan udara di atasnya ini bisa saja alami kebocoran yang bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan Anda. Segera isi ulang freon AC bila habis agar kinerja AC bisa lebih maksimal.

4. Komponen AC rusak

Hal yang membuat AC tidak mampu bekerja dengan baik sebab ada komponen AC yang alami kerusakan, misalnya kompresor yang berfungsi menekan pendingin atau thermostat yang berfungsi mendeteksi suhu dalam ruangan. Remote AC yang rusak dan gagal mengirimkan sinyal perubahan pada unit AC juga bisa menjadi biang kerok AC tidak mampu mendinginkan ruangan lebih cepat.

Bila ada komponen yang alami gangguan, Anda bisa melakukan pengecekan atau memanggil tukang service AC berpengalaman yang bisa menangani kerusakan secara profesional.

5. Perubahan suhu yang terlalu tinggi

Kemungkinan bukan AC Anda yang bermasalah dalam mendinginkan ruangan, tetapi perubahan suhu sekitar yang memang terlalu tinggi. Fenomena suhu pada musim panas yang sangat ekstrem bisa membuat kompresor AC tidak bisa bekerja sepenuhnya dalam mendinginkan ruangan. Akibatnya Anda yang berada di dalam ruangan tetap merasa gerah karena fungsi AC yang tidak optimal ini.

Selain itu, Anda wajib memastikan bahwa ruangan benar-benar tertutup agar AC bisa bekerja dengan baik. Pintu dan jendela yang terbuka membuat kinerja AC berkurang sehingga Anda tetap merasa gerah atau AC tidak mampu memberikan hawa dingin dengan cepat.

Yuk, pastikan AC 1 PK yang dipasang di rumah Anda memang sesuai dengan luas ruangan lebih dulu, ya! Jangan lupa untuk membeli AC yang memiliki fitur inverter dan teknologi mutakhir lain agar Anda bisa menikmati AC yang bekerja lebih cepat. Udara tetap dingin dan segar yang mendukung kenyamanan Anda beristirahat atau beraktivitas di rumah tanpa membebani tagihan listrik bulanan, kenapa tidak?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.