5 Makanan ini Bantu Meningkatkan Produksi ASI Anda

  • Whatsapp
5-Makanan-ini-Bantu-Meningkatkan-Produksi-ASI-Anda
Foto dari Canva Pro

Buah hati yang dinantikan selama 9 bulan lebih 10 hari akhirnya terlahir ke dunia. Kehadiran si kecil di tengah-tengah keluarga menjadi pelengkap kebahagiaan Anda dan pasangan. Terlebih bagi Anda yang kini baru saja menjadi seorang ibu. Rasa haru dan bahagia serta kesibukan ala ibu muda menjadi rutinitas harian yang menyenangkan. Tidak terkecuali momen menyusui yang sekaligus menjadi bonding antara Anda dan si kecil. Perihal ASI, Anda bisa mengandalkan pompa ASI dari Spectra.

Umumnya, dokter akan menyarankan Anda untuk memberikan ASI eksklusif hingga si kecil berusia 6 bulan. Artinya, pada usia nol sampai enam bulan, bayi hanya cukup mengonsumsi ASI. Sehingga dalam upaya pemberian ASI eksklusif ini Anda juga disarankan untuk menjaga kondisi psikis dan fisik agar senantiasa sehat supaya ASI yang diproduksi melimpah.

Read More

Makanan Pelancar ASI

Tidak semua ibu memiliki produksi ASI yang melimpah. Kadang ada yang harus mengonsumsi jenis makanan tertentu untuk memperlancar ASI. Nah, apa saja makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melancarkan ASI? Berikut informasinya.

1. Daun katuk

Bicara tentang makanan pelancar ASI, maka sayuran hijau yang satu ini tidak pernah absen untuk dibahas. Daun kelor mengandung laktagogum yang membantu meningkatkan produksi ASI. Daun yang berukuran kecil ini juga mengandung protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, lemak, zat besi, dan kalsium.

2. Yoghurt

Mungkin Anda juga sudah familiar tentang kandungan probiotik yang dimiliki yoghurt. Ya, banyak yang menyatakan bahwa yoghurt merupakan sumber probiotik yang hebat. Hal ini karena yoghurt mengandung kalsium, protein, fosfor, potasium, serta vitamin B12.

Untuk memperlancar produksi ASI, Anda bisa langsung mengonsumsinya atau bisa juga diolah menjadi smoothies. Ketika produksi ASI melimpah, Anda bisa menggunakan pompa ASI dari Spectra untuk menambah stok ASI si kecil.

3. Bayam

Kaya akan kandungan zat besi dan kandungan phytoestrogen, bayam juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi ASI. Sayuran hijau ini juga bisa diandalkan untuk mengembalikan kadar zat besi yang menurun pasca melahirkan.

4. Kacang-kacangan

Kabar bahagia bagi Anda yang hobi ngemil kacang-kacangan, sebab kacang-kacangan ini ternyata juga bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI. Jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi ialah kacang almond, kacang mete dan kacang macademia. Jika Anda tidak telaten mengolahnya sendiri, Anda bisa membeli kacang kemasan. Hanya saja disarankan untuk memilih kacang yang kandungan sodiumnya rendah.

5. Pepaya

Memiliki warna yang cerah dan rasa yang manis, pepaya juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan ASI yang melimpah. Pepaya mengandung vitamin A, C, kalium dan asam folat serta laktogagum. Nah, laktogagum inilah yang berperan dalam melancarkan produksi ASI.

Itulah beberapa makanan pelancar ASI yang bisa dengan mudah Anda temukan. Sebenarnya sudah banyak produk-produk pelancar ASI yang dijual di pasaran. Akan tetapi tidak ada salahnya apabila Anda memilih cara-cara alami ini. Selain lebih menyehatkan dan aman dikonsumsi, bahan-bahan di atas sudah familiar dalam kehidupan sehari-hari. Ketika produksi ASI sudah melimpah, lengkapi perlengkapan menyusui Anda dengan pompa ASI Spectra.

Perlu diketahui juga bahwa produksi ASI yang melimpah ini tidak dicukup didukung dengan pemenuhan nutrisi tertentu saja. Melainkan Anda juga harus menjaga kesehatan psikis. Kondisi tubuh yang lelah dan pikiran yang stress akan membuat produksi ASI Anda menurun. Jadi, agar makanan-makanan di atas memberikan manfaat yang maksimal, pastikan Anda tidak mengalami stress atau kelelahan karena kondisi psikis sangat berpengaruh pada produksi ASI.

Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *