5 Kiat Mencegah Gigi Berlubang Sejak Dini

5-Tips-Mencegah-Karang-Gigi-Sejak-Dini
Foto dari Canva

Gigi berlubang bisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa sehingga Anda tidak bisa beraktivitas dengan nyaman. Pada kondisi tertentu, gigi yang berlubang bisa menimbulkan komplikasi kesehatan seperti asbes gigi, pembengkakan, gigi patah, gangguan mengunyah, gigi lepas dari rongga, hingga infeksi area mulut dan gigi. Obat sakit gigi berlubang hanya meredakan nyeri dan peradangan untuk sementara. Guna mencegah risiko gigi berlubang, ada baiknya Anda melakukan upaya pencegahan sejak dini, ya!

Pencegahan Gigi Berlubang Sejak Kanak-kanak

Untuk mencegah gigi berlubang sejak dini, Anda wajib melakukan upaya pencegahan gigi berlubang sebagai berikut :

Read More

1. Rajin membersihkan gigi

Usahakan untuk selalu membersihkan gigi dengan rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari memakai pasta gigi mengandung fluoride. Menyikat gigi sebelum tidur atau sesudah makan bisa membantu menghilangkan sisa makanan yang masih menempel di sela gigi. Sisa makanan atau kotoran yang ada di sela-sela gigi bisa menyebabkan gigi berlubang, menimbulkan aroma tidak sedap dan membuat penumpukan plak atau karang gigi semakin menebal.

Selain itu, Anda harus membersihkan sisa makanan yang berubah menjadi plak dengan benang gigi secara rutin. Jangan lupa untuk membersihkan lidah agar terhindar dari pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut.

2. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan gigi dan mulut seperti teh hijau kaya antioksidan, melon, apel, atau stroberi bisa menjadi menu sehat harian Anda. Makanan kaya protein seperti ikan dan susu bisa memperkuat lapisan gigi, tetapi Anda juga harus rajin menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Misalnya susu yang mengandung kalsium, fosfor dan vitamin D yang baik untuk kekuatan gigi bisa mengandung asam. Pastikan Anda menyikat gigi dan minum air putih setelah minum susu agar asam tidak menempel di lapisan gigi dan lidah, ya!

3. Mengurangi asupan manis dan asam

Makanan yang mengandung gula tinggi dan asam bisa memberikan peluang bakteri tumbuh subur di mulut. Bakteri yang berkembang di rongga mulut bisa memicu masalah karang gigi dan bau mulut tidak sedap. Anda harus tahu bahwa karang gigi yang menebal bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang.

4. Menerapkan pola hidup sehat

Obat sakit gigi berlubang berupa obat pereda nyeri, berkumur air garam atau mengunyah bawang bisa meredakan peradangan untuk sementara saja. Cara mengobati gigi berlubang yang bisa Anda lakukan adalah melakukan penambalan atau membuat mahkota gigi untuk kondisi gigi yang berlubang parah. Bila gigi sudah ditambal sempurna, maka Anda harus mencegah sakit gigi berlubang kambuh dengan menerapkan pola hidup sehat.

Selain mengkonsumsi makanan bergizi, hindari kebiasaan buruk merokok, minum alkohol dan minuman yang mengandung asam seperti soda. Sebaiknya Anda mengganti kebiasaan buruk merokok atau minum alkohol dengan minum air lebih banyak. Air putih bisa memicu produksi air liur yang bisa mencegah masalah pertumbuhan bakteri di mulut yang kering akibat rokok dan alkohol.

5. Rajin berkunjung ke dokter gigi

Untuk mencegah sakit gigi berlubang, buat jadwal berkunjung ke dokter gigi secara rutin minimal enam bulan sekali. Dokter gigi akan memberikan solusi penanganan gigi berlubang melihat kondisi gigi Anda, misalnya penambalan, perawatan saluran akar, pencabutan, dan lain-lain.

Obat sakit gigi berlubang yang direkomendasikan ampuh mengatasi rasa sakit dan peradangan akibat gigi berlubang antara lain mengunyah daun jambu biji, mengunyah daun sirih dan cengkih, mengunyah bawang putih, dan bahan alami lain. Datang ke dokter gigi menjadi solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan gigi berlubang yang tidak mudah kambuh lagi. yuk, jaga kebersihan mulut dan gigi Anda agar terhindar dari masalah gigi yang tidak sehat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.