5 Jenis Pilihan Investasi Modal Kecil yang Menguntungkan

  • Whatsapp
5-Jenis-Pilihan-Investasi-Modal-Kecil-yang-Menguntungkan
Foto dari Canva

Investasi menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan kemapanan finansial di masa depan. Langkah ini akan sangat membantu Anda untuk mengelola keuangan dengan baik. Ada banyak sekali pilihan jenis investasi yang bisa diandalkan. Bagi pemula, sangat disarankan memilih jenis investasi modal kecil yang risikonya tergolong ringan.

Apa Investasi Modal Kecil Pilihan Anda?

Pada dasarnya semua jenis investasi sama baik dan menguntungkan. Selama pengelolaannya tepat maka investasi apapun pasti bisa diandalkan. Bagi Anda yang modalnya masih terbatas namun ingin coba berinvestasi, ini dia 5 pilihan tipe investasi yang bisa diambil:

Read More

1. Reksadana

Pilihan pertama jatuh pada reksadana yang saat ini sangat populer di kalangan generasi muda. Reksadana ini sangat direkomendasikan bagi pemula, khususnya yang modalnya masih terbatas. Bahkan sekarang dengan modal awal senilai Rp50.000,00 sampai Rp100.000,00 saja Anda sudah bisa berinvestasi di reksadana.

Reksadana merupakan jenis investasi dimana dana yang kita setorkan nantinya akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional. Anda yang berinvestasi reksadana tinggal duduk manis menunggu hasil keuntungan dari dana yang dikelola tadi. Saat ini investasi reksadana tak hanya terjangkau namun juga sangat mudah diakses karena tersedia banyak platform online yang bisa digunakan.

2. Emas

Berikutnya ada emas yang merupakan jenis instrumen investasi paling favorit sejak zaman dahulu. Emas bisa disebut sebagai aset investasi yang paling aman dan memiliki nilai yang sangat stabil. Nilai emas juga cenderung naik seiring berjalannya waktu sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan memuaskan.

Sisi menarik dari investasi emas ini adalah bisa dimulai dengan jumlah modal yang ringan. Tinggal tentukan saja bujet yang dimiliki lalu beli emas dengan harga yang sesuai. Bahkan sekarang investasi emas juga sudah bisa dilakukan secara online. Selain itu, investasi emas juga bisa dilakukan dengan sistem cicilan sehingga siapa saja bisa menjangkaunya.

3. Saham

Pilihan investasi modal kecil berikutnya adalah saham. Banyak orang berpikir bahwa investasi saham ini butuh uang yang banyak. Padahal sekarang investasi saham bisa dimulai dengan nilai yang sangat terjangkau. Tak heran jika saat ini ada banyak anak muda yang mulai berinvestasi dalam bentuk saham.

Namun perlu diketahui bahwa investasi saham bukanlah sesuatu yang mudah dan sederhana. Saham ini bisa mendatangkan keuntungan besar tapi risikonya juga terbilang besar. Oleh sebab itu, pastikan untuk mempelajari dulu teknik atau prinsip investasi saham sebelum mulai menyetorkan modal.

4. Deposito Berjangka

Berikutnya ada pilihan deposito berjangka yang juga bisa jadi aset investasi modal terbatas. Meskipun mungkin nilai modalnya tidak seringan jenis investasi yang disebutkan sebelumnya, namun tetap saja nilai yang diperlukan tergolong terjangkau. Tinggal pilih saja layanan bank yang memberikan kesempatan deposito dengan nilai modal yang ringan.

5. Peer to Peer Lending

Bagi Anda yang memiliki modal kecil bisa juga mencoba investasi Peer to Peer Lending atau P2P Lending. Ini merupakan jenis investasi yang melibatkan dua pihak yaitu pemberi modal dan penerima modal. Sistemnya adalah meminjamkan uang kepada orang lain yang membutuhkan lalu ada imbal hasil atau profit yang akan didapatkan dari pinjaman tersebut.

Sistem peer to peer lending di Indonesia ini sekarang cenderung banyak diminati karena nilai keuntungannya lumayan besar. Anda bisa memilih salah satu jenis investasi modal kecil yang sekiranya bisa menguntungkan tapi juga minim risiko. Jangan lupa pelajari dulu setiap jenis investasi agar tidak merugikan diri sendiri di masa depan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *