4 Jenis Penyakit yang Bisa Menyebabkan Masalah Nyeri Persendian

4-Jenis-Penyakit-yang-Bisa-Menyebabkan-Masalah-Nyeri-Persendian
Foto dari Canva

Sebagian orang menyebut bahwa flu tulang adalah penyakit Chikungunya atau jenis penyakit yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictus. Gejala orang yang terkena gigitan nyamuk pembawa virus chikungunya akan merasakan demam tinggi dan nyeri sendi yang parah sehingga mengaitkannya dengan flu tulang tersebut. Sebenarnya, apa itu flu tulang? Bisa dikatakan bahwa flu tulang merupakan gejala nyeri persendian yang sangat parah dan mengindikasikan penderita alami penyakit tertentu baik chikungunya atau penyakit lain.

Penyakit Penyebab Masalah Nyeri Persendian

Dalam istilah medis, flu tulang memang tidak pernah ada selain gejala nyeri persendian yang identik dengan penderita chikungunya. Apalagi orang yang menderita chikungunya tidak segera mendapatkan perawatan, maka risiko penderita bisa alami lumpuh bahkan kematian cukup tinggi. Supaya Anda lebih paham apa itu flu tulang yang menjadi indikasi gejala penyakit lain, maka simak beberapa penyakit yang ditandai dengan demam dan nyeri sendi parah berikut :

Read More

1. Demam Berdarah

Merupakan kondisi seseorang yang mengalami gejala nyaris sama dengan chikungunya seperti demam tinggi, ruam pada kulit dan nyeri pada persendian. Meski memiliki gejala sakit yang sama dengan chikungunya, tetapi penderita DB punya risiko terjadi komplikasi pecah pembuluh darah.

Bila alami demam yang naik turun disertai lemas, penurunan nafsu makan, ruam merah pada kulit, maka segera rujuk si kecil ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih serius. Perawatan yang baik bisa mendukung kesembuhan anak lebih cepat dan mencegah risiko terburuk dari penyakit DB yang menyumbang angka kematian tinggi pada anak-anak di Indonesia.

2. Osteomielitis

Jenis bakteri Staphylococcus merupakan bakteri yang sebabkan tubuh alami demam tinggi, sakit dan bengkak pada bagian tubuh yang terinfeksi dan penderita akan sering mengeluh lelah.

3. Influenza

Bisa jadi gejala flu tulang yang sering Anda rasakan merupakan tanda tubuh sudah terinfeksi influenza. Sebagian masyarakat sudah akrab dengan gejala influenza seperti demam tinggi, hidung mulai meler, sakit kepala, batuk, dan alami peradangan pada sendi tubuh. Akibatnya tubuh Anda akan terasa sakit dan nyeri pada bagian sendi dan otot sehingga Anda tidak nyaman melakukan aktivitas sehari-hari.

Pada kasus influenza ringan, maka flu akan sembuh lebih cepat tanpa harus konsumsi obat-obatan. Namun, ada pula kasus influenza kronis yang membutuhkan proses penyembuhan lebih lama. Penyakit ini bisa dialami siapa saja baik anak-anak hingga orang dewasa, tetapi orang dalam kondisi imun lebih rendah sangat rentan alami kondisi flu seperti balita dan lansia yang sudah berumur di atas 65 tahun.

4. Rheumatoid arthritis

Bisa jadi nyeri sendi parah yang Anda rasakan merupakan gejala dari penyakit Rheumatoid arthritis yang cukup menyakitkan. Peradangan kronis pada sendi tubuh Anda akan terasa ke seluruh tubuh, bahkan bisa mempengaruhi organ tubuh yang lain seperti mata, paru-paru, jantung hingga pembuluh darah.

Bila Anda mengalami gejala yang berkaitan dengan nyeri sendi, pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, kaku, dan alami demam, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kini Anda bisa membedakan apa itu flu tulang yang acap dianggap sebagai penyakit chikungunya, padahal flu tulang hanya berkaitan dengan gejala saja. Selain chikungunya, gejala nyeri sendi parah bisa menyertai kondisi seseorang alami penyakit lain yang sudah disebutkan di atas, ya! Yuk, jaga kesehatan Anda dengan rajin memeriksakan diri bila alami kondisi demam dan peradangan atau nyeri persendian yang hebat. Pemberian obat-obatan berdasarkan resep dokter bisa membantu meringankan gejala nyeri sendi yang Anda alami, lho!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *