4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Penanganan Serius

  • Whatsapp
4-Jenis-Penyakit-Kulit-yang-Perlu-Penanganan-Serius
Foto dari Canva Pro

Kulit merupakan bagian tubuh yang memiliki fungsi penting dalam menjaga organ dan jaringan yang berada di bawahnya. Lokasi kulit yang berada di bagian luar membuat risiko iritasi, infeksi atau peradangan acap terjadi. Hal ini dikarenakan kulit bersinggungan dengan dunia luar yang bisa sebabkan masalah serius. Jika Anda mengalami masalah pada kulit yang perlu penanganan serius, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan pada dokter yang terpercaya.

Jenis penyakit kulit yang berbahaya

Mungkin Anda sering mengalami masalah penyakit kulit skala ringan seperti jerawat, panu, kurap, dan sejenisnya. Namun, Anda harus tahu tentang jenis penyakit kulit berbahaya dan mematikan. Jika tidak mendapatkan penanganan dari dokter kulit yang profesional, risiko penyakit bisa berkembang lebih parah semakin besar. Berikut 4 jenis penyakit kulit berbahaya yang dilansir dari berbagai sumber yaitu :

Read More

1. Psoriasis

Psoriasis merupakan jenis penyakit kulit kronis yang ditandai dengan pengelupasan, peradangan, bercak merah, dan kulit berubah kering bersisik keperakan. Sensasi rasa panas dan terbakar bisa semakin parah sehingga penderita bisa mengalami bengkak pada persendian.

Penyakit kulit kronis ini tergolong sebagai penyakit langka yang tidak bisa disembuhkan. Namun, penderita psoriasis bisa menjalani pengobatan yang bisa meringankan gejala gatal, nyeri dan terbakar parah. Tentu dokter akan merekomendasikan penderita untuk menghilangkan gejala kecemasan dan stress yang bisa memperparah kondisi ini.

2. Rosacea

Jenis peradangan yang ditandai dengan kulit kemerahan pada bagian pipi, hidung, dagu, dahi, dan ada yang mengalami benjolan macam jerawat. Sensasi rasa gatal, kasar, kering, dan panas merupakan hal yang acap dialami penderita rosacea. Ada pula gejala yang dialami sebagian orang lebih perah berupa pembengkakan pada hidung, pori-pori kulit membesar, dan gangguan penglihatan.

Faktor genetik, masalah pembuluh darah, bakteri, atau hewan seperti tungau menjadi penyebab rosacea. Perawatan perlu dilakukan segera untuk menghindari risiko pembengkakan permanen.

3. Melanoma

Jenis penyakit kulit yang berupa perkembangbiakan sel kanker tidak terkendali pada sel melanosit. Sel melanosit merupakan pigmen penghasil warna pada kulit Anda, lho! Tidak ada penyebab pasti kenapa seseorang mengalami kanker kulit, namun faktor genetik dan paparan radiasi sinar matahari yang berlebihan dianggap sebagai penyebab utama.

Jika terjadi gejala tahi lalat yang berubah atau kulit yang berubah aneh, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit yang terpercaya. Deteksi sejak awal bisa segera menyembuhkan penyakit kanker kulit ini.

4. Selulitis

Jenis penyakit kulit yang terjadi akibat infeksi bakteri sehingga menyebabkan pembengkakan, kemerahan, lunak, dan terasa sakit luar biasa saat tersentuh. Penyakit selulitis menyerang jaringan kulit bagian dalam sehingga perlu penanganan lebih lanjut. Penyakit bisa menyebar lebih cepat lewat kelenjar getah bening dan pembuluh darah sehingga bisa membahayakan nyawa penderita.

Konsultasi dan lakukan perawatan di klinik SehatQ

Buat Anda yang mengalami gejala penyakit kulit di atas, sebaiknya segera melakukan konsultasi dan perawatan berkala di dokter kulit yang kredibel. Pilih klinik yang menangani penyakit kulit serius di situs SehatQ.com, ya! Anda bisa memilih dokter yang akan menangani penyakit termasuk jadwal booking pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut. Tak perlu mengantri atau membuang waktu untuk booking, Anda bisa melakukannya via online saja. Lebih mudah, praktis dan hemat segalanya, bukan?

Selain menerapkan pola hidup sehat, Anda harus memperhatikan gejala sejak awal guna memiliki kulit yang sehat. Jika Anda mengalami masalah kesehatan kulit, konsultasikan kesehatan Anda dengan dokter secara online lewat fitur Chat Dokter di SehatQ.com, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *